Dasar-dasar Komunikasi Bisnis

  1. 1.      Pengertian Komunikasi

Secara Bahasa komunikasi berasal dari bahasa latin “Communis,Communico”. yang artinya membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih.

Secara istilah merupakan suatu proses di mana dua orang atau lebih melakukan pertukaran informasi terhadap satu sama lain, yang pada gilirannya akan tiba kepada saling pengertian.

Komunikasi akan Efektif apabila terjadi pemahaman yang sama dan merangsang pihak lain untuk berpikir atau melakukan sesuatu”. Juga akan membantu mengantisipasi masalah, membuat keputusan yang tepat, dapat mengkoordinasikan aliran kerja, mengawasi orang lain, dan mengembangkan berbagai hubungan

  1. 2.      Tujuan Komunikasi
    1. Memberi informasi (Informing).

Tujuan pertama dalam komunikasi bisnis adalah memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia bisnis kepada pihak lain, contoh seorang pemimpin perusahaan ingin mendapatkan pegawai yang diharapkan, maka Dia memasang iklan melalui mass media, memasang websitus/situs di jalur internet, dalam hal ini setiap media mempunyai kelebihan dan kekurangan dilihat dari jangkauan dan biayanya, untuk itu harus memilih media mana yang akan dipilih.

  1. Memberi persuasi (Persuading)

Tujuan kedua komunikasi bisnis adalah memberikan persuasi kepada pihak lain agar apa yang disampaikan dapat dipahami dengan baik dan benar, hal ini sering dilakukan terutama yang berkaitan dengan penegasan konfi rmasi pesanan pelanggan atau negoisasi dengan pelanggan, agar kedua pihak memperoleh manfaat secara bersama-sama tanpa ada yang merasa dirugikan.

  1. Melakukan Kolaborasi (collaborating)

Tujuan ketiga dalam komunikasi bisnis adalah melakukan kolaborasi, atau kerja sama bisnis antara seseorang dengan orang lain, melalui jalinan komunikasi bisnis tersebut seseorang dapat dengan mudah melakukan kerja sama bisnis, saat sekarang seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi komunikasi maka seseorang dapat menggunakan berbagai media telekomunikasi seperti telpon, faksimile, telpon seluler, internet surat elektronik, teleconference. Teknologi komunikasi tersebut sangat penting artinya dalam pererat kerja sama bisnis.

  1. 3.      Unsur-unsur Komunikasi
    1. Unsur Utama
      1. Sumber (Source)

sebagai pengirim informasi/pesan/gagasan, sering juga disebut komunikator, source, sender, atau encoder.

  1. Pesan/Informasi (Message)

sesuatu berupa pengetahuan, hiburan, informasi, nasehat, atau yang disampaikan pengirim kepada penerima, sering juga disebut message, content atau information.

  1.  Saluran/Media (Channel)

Saluran komunikasi terdiri atas komunikasi (lisan, tertulis dan elektronik). “alat atau sarana yang digunakan memindahkan pesan” Media Cetak dan Media Elektronik.

  1. Penerima (Receiver)

pihak yang menjadi sasaran pesan, sering disebut khalayak, sasaran, audiens atau receiver.

  1. Unsur Pelengkap
    1. Tanggapan Balik (Feedback).

respon atau reaksi yang diberikan oleh penerima, dapat berupa pendapat, komentator atau saran.

  1. Efek

pengaruh atau adanya perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan dan dilakukan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan, dapat dalam bentuk pengetahuan, sikap dan perilaku.

  1. Lingkungan.

situasi atau faktor-faktor yang dapat mempengaruhi jalannya komunikasi. fisik/jarak, sosial budaya, psikologi dan dimensi waktu (pagi, siang, malam, atau dikaitkan dengan musim).

  1. 4.      Proses Komunikasi

Bagan

  1. 5.      Bentuk Komunikasi
    1. Komunikasi Verbal

Komunikasi yang disampaikan secara lisan atau tertulis menggunakan suatu bahasa.

  1. Komunikasi NonVerbal.

Komunikasi berupa isyarat, gerak tubuh, intonasi suara dan sikap.

  1. 6.      Hambatan Komunikasi
    1. Antar personal

Disebabkan oleh beda persepsi dan bahasa, pendengaran yang buruk, gangguan emosional, beda budaya, gangguan fisik.

  1.  Dalam Organisasi

Disebabkan oleh kelebihan beban informasi dan pesan yang bersaing, penyaringan pesan yang tidak tepat, iklim komunikasi tertutup atau tidak memadai.

  1. 7.      Memperbaiki Komunikasi
    1. Memelihara iklim komunikasi terbuka.
    2. Bertekad memegang teguh etika berkomunikasi.
    3. Memahami kesulitan komunikasi antarbudaya.
    4. menggunakan pendekatan berkomunikasi.
    5. menggunakan teknologi secara bijak dan bertanggung jawab.
    6. menciptakan dan memproses pesan secara efektif dan efisien.
    7. menghubungkan gagasan, mengurangi jumlah pesan, memilih saluran yang tepat.
    8. meningkatkan keterampilan berkomunikasi.
    9. 8.      Kesimpulan

Komunikasi terjadi apabila ada pesan (Message)yang disampaikan oleh sumber (Source) kepada penerima(Receiver) melalui media perantara (Channel) baik secara verbal maupun non verbal demi terciptanya suatu tujuan bersama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s