SEMANGAT DAN PERJUANGANKU MENGGAPAI UTM

ipa 2 Purbowo merupakan salah satu dari beberapa mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura dari kabupaten Jombang yang terseleksi secara nasional dalam SNMPTN jalur Tulis dengan jurusan AGRIBISNIS.

Karena merupakan satu-satunya mahasiswa dari jombang yang mengambil jurusan Agribisnis, sehingga saya mendapatkan julukan “Mas Jombang” dari teman-teman terdekat.

Namun tahukah anda bahwa jurusan ini bukan pilihan kehendak saya???  ya ini merupakan pilihan terakhir dari 6 pilihan jurusan yang disediakan pada jalur SNMPTN Undangan dan SNMPTN Tulis. Pada SNMPTN jalur Undangan diberikan 2 pilihan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang masing-masing memberi kuota 2 jurusan.

Untuk PTN yang pertama saya memilih Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dengan Jurusan Pendidikan Sains dan Pendidikan Biologi. Selanjutnya adalah Universitas Negeri Malang (UM) dengan Jurusan Pendidikan IPA dan Biologi. Namun pada kenyataanya itu hanya mimpi Belaka, saya tidak diterima di kedua PTN tersebut.

Tidak Putus asa sampai disini, saya mencoba untuk mengikuti jalur SNMPTN Tulis, sayangnya kuota yang diberikan hanya 2 PTN dengan masing-masing 1 jurusan. Kemudian saya berpikir untuk meninggalkan dunia sains dan beralih ke dunia IT dengan memilih Jurusan Teknik Informatika di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS). Untuk jurusan kedua, saya diberi saran oleh guru BK untuk memilih Jurusan AGRIBISNIS di Universitas Trunojoyo Madura.

Sebulan kemudian saya sangat terkejut bahwasanya  telah lolos SNMPTN, gak menyangka banget bisa lolos dari ratusan ribu peserta di Indonesia.

Setelah mengikuti berbagai prosedur daftar ulang, saya telah menyadari bahwa:

“Keputusan terbaik adalah dari Tuhan, bukan dari kehendak nafsu kita sendiri”.

Oleh karena itu saya tetap bersemangat untuk menempuh pendidikan tinggi di jurusan AGRIBISNIS bersama teman-teman yang terabung dalam HIMAGRI mengingat slogannya yang berbunyi

“KITA SATU HIMAGRI, HIDUP BERSAMA MATI WANG SEWANG”.

One thought on “SEMANGAT DAN PERJUANGANKU MENGGAPAI UTM

Tinggalkan Balasan

